Absolution

Absolution

Jumat, 21 Januari 2011

Makna Arti Lirik MUSE - Sing For Absolution

Berikut ini adalah arti atau makna dari lagu Muse - Sing For Absolution yang sangat fenomenal. Lagu ini lebih mengarah ke 2 arti 1 bisa di artikan seorang narator yang pendosa berat yang sedang sekarat untuk meminta pengampunan kepada Tuhan arti dan arti yang 2 bisa di artikan bisa kekasih yang terluka karena di khianati. Berikut liriknya:

Muse - Sing For Absolution
"Senandung Pengampunan" atau "Bernyanyi Untuk Meminta Maaf"

Lips are turning blue
Bibir membiru
A kiss that can't renew
Ciuman yang tak bisa diperbaru
I only dream of you
Aku hanya (bisa) memimpikanmu
My beautiful
Manisku
...
Tiptoe to your room
(Aku) berjingkat ke kamarmu
A starlight in the gloom
Kau adalah) cahaya dalam kegelapan
I only dream of you
Aku hanya (bisa) memimpikanmu
And you never knew
Dan kamu tak pernah tahu
...
Sing for absolution
(Aku) bernyanyi untuk (meminta) pengampunan
I will be singing
Dan akan (terus) bernyanyi
And falling from your grace
Dan bersimpuh di (bawah) keagunganmu
...
There's nowhere left to hide
Tak ada lagi tempat untuk kusembunyikan (dosaku)
In no one to confide
Tak ada orang yang kupercaya
The truth burns deep inside
Kenyataan terbakar di dalam (jiwaku)
And will never die
Dan takkan pernah padam
...
Our wrongs remain unrectified
Kesalahan-kesalahan kita tetap tak bisa diperbaki
And our souls won't be exhumed
Dan jiwa kita takkan dibangkitkan

Berikut kisah yang tertuang dalam lagu Muse - Sing For Absolution. Narator lagu ini adalah seorang pendosa yang sekarat dan bernyanyi untuk minta pengampunan. Absolution erat kaitannya dengan dosa.. 'You' di sini bisa diartikan macam-macam, bisa kekasih yang terluka karena dikhianati atau Tuhan. Larik 'starlight in the gloom' dan 'falling from your grace' bisa dijadikan alasan kenapa 'you' = God. Tapi larik 'and you never knew' jadi mengaburkan lagi. Bgm mungkin Tuhan 'never knew'?

(Menurut teman saya, 'and you never knew' adalah ungkapan pribadi narator yang tidak tau --bahwa Tuhan itu sebenarnya tau..)

I only dream of you = ambigu, karena bisa diterjemahin "aku hanya memimpikanMU" yang artinya; narator cuma bisa memimpikan 'you' --meskipun ada cewek lain (yang cantik²). Atau bisa "aku HANYA (BISA) memimpikanmu", yang berarti; Dalam kenyataan, si 'you' ini sudah tiada dan narator HANYA bisa meraihnya dalam mimpi..

In no one to confide.. Dosa sang narator mungkin teramat besar sampai dia tidak bisa lagi mempercayai orang untuk dijadikan tempat pengaduan / curhat. Karena kalau dia curhat, orang yang dengar akan langsung membunuhnya (Why..??)..

Truth biasa diartikan 'kebenaran'. Namun aku lebih suka dengan 'kenyataan', karena 'truth' yang dibawa narator adalah 'dosa' yang membara. Dosa ini terus menyala dan tak akan bisa padam dihilangkan..

Kucari dimana-mana, 'exhumed' diartikan : mengeluarkan mayat untuk diperiksa; menghidupkan orang mati. Kalau begitu, 'our souls' di lagu ini memang dah mati dan tidak bisa lagi dibangkitkan. (teman saya bilang : soul adalah cinta. Mungkin maksudnya cinta yang dah mati itu gak bisa kembali lagi..) Lirik terakhir ini yang paling seram --apalagi dengan jeritan Matt yang memilukan. Mantaphh!!!!

Interpratasi ini mungkin kurang tepat atau gak benar benar tepat karena si pencipata lagu Mattew Bellamy, itu sangat jenius dalam menciptakan lagu. Satu lagu Dua arti..

2 komentar: